Tekhnologi Harus Segera Diimplementasikan Pada Koperasi dan UMKM

putri Selasa, 21 Januari 2020 | 18:47
Koperasi dan UMKM Harus Manfaatkan Teknologi untuk Economic Sharing

Berita Golkar, Jakarta – Kemajuan teknologi informasi menjadi tantangan tersendiri dalam aktivitas perdagangan, apalagi sekarang dikenal konsep economic sharing. Ketua Majelis Pakar Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) Idris Laena berpendapat bahwa teknologi ini harus segera diimplementasikan kepada pelaku koperasi dan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah).

Economic sharing Sebetulnya sudah terjadi sejak ratusan tahun ketika perdagangan barang dan jasa sudah dimulai, ketika satu pedagang memanfaatkan barang dan jasa milik orang lain untuk diperdagangkan,” tandas Idris yang juga Ketua Fraksi Golkar MPR.

BACA JUGA  Menperin Ungkap "PR" Bagi Industri Dalam Negeri Tingkatkan Daya Saing Pasar Global

Idris mencontohkan implementasi economic sharing yang terjadi di beberapa pasar di Jakarta, seperti di Glodok dan Tanah Abang.

“Di Indonesia volume perdagangan begitu besar. Kita bisa lihat bagaimana misalnya pusat perdagangan Glodok dan Tanah Abang dengan toko yang sangat kecil tapi mampu memenuhi kebutuhan barang para pelanggannya,” jelas Idris.

Idris mengungkapkan bahwa banyak pelaku kopersi dan UMKM belum mampu memanfaatkan teknologi informasi.

BACA JUGA  Bamsoet: Jadikanlah "Pemilu 2019 Sebagai Pintu Gerbang Kemajuan dan Kejayaan Bangsa"

“Persoalannya, ketika economic sharing yang berbasis internet dan digital ternyata Para UMKM dan para pelaku Koperasi masih belum mampu mengaksesnya,” ujar Idris.

Idris berharap pemerintah dan Dekopin dapat berperan memberi pelatihan teknologi informasi kepada pelaku koperasi dan UMKM.

“Karena itu yang paling penting adalah segera dilakukan dengan memberikan pelatihan vokasi kepada mereka dan ini merupakan tugas utama para stakeholder yaitu Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, Kementrian Koperasi UKM dan Dekopin,” tutup Idris.

BACA JUGA  Bamsoet Desak Manajemen Garuda Serius Sikapi Ancaman Mogok Pilot

Sumber : Epicentrum.co.id

Loading...

Baca juga

DPR RI Komisi II Setujui Penundaan Tahapan Pilkada 2020

Berita Golkar, Jakarta – Melihat perkembangan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum terkendali dan demi …