Sekjen Golkar: Keberadaan Saksi di TPS Menentukan Kemenangan Pemilu

putri Kamis, 31 Januari 2019 | 16:55
Sekjen Partai Golkar, Lodewijk F Paulus dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Saksi, di kantor DPP Partai Golkar, Jl Anggrek Nelly, Jakarta Barat.

BeringinNEWS -Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP Partai Golkar, Lodewijk F Paulus mengatakan keberadaan saksi yang telah dipersiapakn partai Golkar yang nantinya ditempatkan di TPS-TPS sangat menentukan dalam kemenangan Partai Golkar baik caleg-caleg yang diusung ada maupun Capres-Cawapres, dalam Pemilu, pada April 2019 mendatang.

“Jika peran saksi ini tidak berjalan dengan baik, lengah, maka Caleg, capres dan cawapres, yang dipersiapkan Golkar akan sia-sia. Kita bisa saja dicurangi, data yang masuk tidak valid, atau orang yang tidak seharusnya memilih namun ikut memilih. Maka di sinilah peran dari saksi, punya integritas, tidak tergoda ditempatkan di TPS, mulai dari pedalaman hingga ke kota,” kata Lodewijk pada hari kedua penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Saksi, di kantor DPP Partai Golkar, Jl Anggrek Nelly, Jakarta Barat, Kamis (31/1).

BACA JUGA  Amien Rais Singgung Nawasengsara, Golkar: Jangan Nyinyir

Lodewijk mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan pembekalan aplikasi saksi ini diharapkan nantinya dapat mengantisipasi terjadinya kecurangan, atau persoalan-persoalan di lapangan yang tidak diinginkan.

“Keberadaan mereka tidak hanya memantau terjadinya kecurangan di TPS tetapi juga akan melihat dan memonitoring secara berkala jalannya proses pemilu di daerah , yang kemudian melaporkannya ke pusat. Kita sudah siapkan perangkat jaringan yang terkoneksi di seluruh Indonesia,” katanya.

BACA JUGA  Airlangga Instruksikan Seluruh Ketua DPD Menangkan Golkar & Jokowi di 2019

Soal jumlah saksi dipersiapkan, Lodewijk menilai paling sedikit satu kader ditempatkan di TPS yang jumlahnya di seluruh Indonesia sekitar 800.000 TPS yang ada.

“Aturan KPU cuma satu saksi. Namun kita upayakan menempatkan dua kader saksi secara bergantiaan di TPS dengan jumlah pemilih antara 200-300 orang,” katanya.

Lodewijk mengatakan saat ini, Golkar sedang mangatur strategi pemenangan dengan menyusun siapa saja kader-kader yang akan dipilih sebagai saksi untuk ditempatkan di tiap-tiap TPS yang tersebar mulai tingkat desa, kabupaten kota, hingga propinsi.

BACA JUGA  Golkar DKI Sebut Jakarta Pusat Jadi Titik Kebangkitan Partai di Pemilu 2019

“Kita akan siapkan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan di TPS-TPS dari desa hingga propinsi,” katanya.

Lodewijk kembali menyebut bahwa penerapan aplikasi sistem saksi ini diharapkan dapat berjalan dengan baik.

“Ini untuk pertama kalinya Golkar mempunyai sistem hitung suara cepat dalam pemilu. Dan ini merupakan bukti pengelolaan partai secara modern sesuai dengan kemajuan teknologi,” katanya.

Sumber: Gatra

Loading...

Baca juga

Peduli Insan Perfilman Terdampak Covid-19, Golkar Bagikan Paket Sembako

Berita Golkar, Jakarta –  Partai Golkar memberikan bantuan sosial berupa ratusan paket sembako para pekerja seni …