Pengusaha Nilai Industri Sawit Mampu Selamatkan RI dari Defisit

Nindya Jumat, 24 Agustus 2018 | 13:00
Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono. Dok: Merdeka

BeringinNEWS – Indonesia saat ini tengah mengalami defisit neraca perdagangan yang cukup tinggi. Kondisi ini terus berlanjut di tengah kondisi Rupiah yang juga terus terdepresiasi atau melemah terhadap Dolar Amerika karena impor lebih tinggi dibanding ekspor.

Ketua Umum GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), Joko Supriyono menyatakan sektor perkebunan kelapa sawit dapat menjadi penyelamat perekonomian nasional di tengah tekanan global saat ini, salah satunya menyelamatkan neraca perdagangan nasional dari ancaman defisit yang membengkak.

BACA JUGA  Pacu Hilirisasi Industri, Kemenperin Gulirkan Program Kelapa Terpadu di Gorontalo

“Yang dibutuhkan negara ini adalah mendorong industri yang menyerap tenaga kerja tinggi dengan devisa yang tinggi,” kata Joko, di Tanjung Pandan, Belitung, Jumat (24/8).

Dia menjelaskan, kelapa sawit merupakan industri yang menghasilkan devisa yang tinggi sekaligus juga mampu menyerap banyak tenaga kerja. Tahun lalu, ekspor minyak sawit tercatat menyumbang devisa USD 22,9 miliar dan menyerap tenaga kerja sedikitnya 6 juta orang.

BACA JUGA  Menperin Targetkan Neraca Perdagangan Indonesia Dapat Lebih Baik Di Semester II

“Atas keunggulan karakteristik ini, kelapa sawit semestinya didorong untuk terus menerus melakukan kegiatan ekspor. Kita perlu memperkuat peranan industri yang bisa menutup defisit neraca perdagangan ini,” imbuhnya.

Namun demikian, kata Joko, pengembangan industri kelapa sawit terhambat maraknya black campaign dari negara-negara maju (Uni Eropa dan Amerika).

“Yang patut disayangkan, banyak masyarakat Indonesia yang percaya bahwa kampanye negatif sawit itu sebagai fakta. Oleh karena itu, kita harus mengedukasi masyarakat tentang kelapa sawit yang benar,” tandasnya.

BACA JUGA  Menko Airlangga Targetkan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,6 Persen pada 2020

Sumber: Merdeka

Loading...

Baca juga

Golkar-Demokrat Bertemu, Sepakat Usung 33 Calon Kepala Daerah di Pilkada

Berita Golkar, Jakarta – Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggelar …