Menperin Siapkan Jateng Tempat Relokasi Pabrik Tekstil

putri Selasa, 17 September 2019 | 17:16
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto akan menyiapkan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sebagai kawasan pembangunan pabrik tekstil hasil relokasi industri asing, termasuk dari China.

Berita Golkar, Jakarta – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto akan menyiapkan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sebagai kawasan pembangunan pabrik tekstil hasil relokasi industri asing, termasuk dari China. Rencananya, kawasan itu akan mencontoh Kawasan Industri Kendal yang sudah lebih dulu dibangun di Jateng.

Airlangga mengatakan ini merupakan salah satu gagasan kebijakan pemerintah untuk mendukung kebutuhan industri tekstil nasional. Tujuannya, agar industri tekstil dalam negeri mendapat suntikan modal dari investor luar.

BACA JUGA  Soal Jokowi-JK Jilid II, Golkar Sepakat Jabatan Wapres Cukup 2 Kali

Tujuan lain, untuk meningkatkan ekspor dari industri tekstil, sehingga bisa memberi dampak peningkatan ekspor secara keseluruhan dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Di Kendal ada KI dari China, relokasi ke sana. Nah, tentu ini perlu kami perluas lagi,” ujar Airlangga, Senin (16/9).

Tak hanya menyiapkan kawasan khusus, ia juga berencana memberikan ‘bonus’ insentif bagi investor yang tertarik merelokasi pabriknya ke Tanah Air. Rencananya ada dua insentif yang akan ditawarkan, yaitu fasilitas penghapusan pajak (tax holiday) dan bebas impor mesin tekstil bekas.

BACA JUGA  Sekjen Golkar Lodewijk Berpendapat Bahwa GBHN Tak Perlu Dihidupkan

“Itu akan dipermudah oleh pemerintah. Semua itu akan dilakukan dalam waktu dekat, kami akan koordinasi dengan kementerian terkait,” katanya.

Rencananya, Kementerian Perindustrian juga akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan untuk melakukan harmonisasi impor tekstil di Pusat Logistik Berikat (PLB). “Nanti kami kaji kembali,” imbuhnya.

Sumber : cnnindonesia.com

BACA JUGA  Tujuan FGD Gokar Agar Dapat Serap Aspirasi Internal untuk Menangkan Jokowi
Loading...

Baca juga

DPR Ingatkan Pemerintah untuk Terus Perbaiki data calon penerima bansos

Berita Golkar, Jakarta –  Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily kembali menegaskan kepada …