Menko : Penerapan Konidisi News Normal Tergantung pada Pemda

putri Jumat, 29 Mei 2020 | 13:53

Berita Golkar, Jakarta –  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penerapan kondisi normal baru (new normal) bergantung pada masing-masing pemerintah daerah (pemda). Hal ini dievaluasi dengan melihat perkembangan pandemi Covid-19.

“Kita paparkan daerah-daerah yang siap berdasarkan data terkait epidemiologinya. Kami sampaikan kepada DPR bahwa yang menentukan itu nanti adalah kepala-kepala daerah, sektor-sektor, dan Satgas Covid-19,” kata Airlangga setelah menerima Tim Satgas Lawan COVID-19 DPR RI ke Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Kamis (28/5/2020).

BACA JUGA  Sayap Pemuda Golkar Ajak Anak Muda Sampaikan Aspirasi dan Visi

Airlangga menuturkan selain bergantung pada Pemda, penerapan normal baru juga akan bergantung pada kesiapan masing-masing sektor serta Satgas Covid-19 dengan melihat data persebaran virus corona.

Airlangga menambahkan bahwa data tersebut berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diakurasi oleh Kementerian PPN/Bappenas sehingga dapat mencerminkan kondisi sebenarnya yang ada di daerah.

BACA JUGA  Banyak PR Belum Selesai, Airlangga Siap Jadi Ketum Lagi

“Seluruh data dari BNPB diakurasi oleh Bappenas sehingga data itu mencerminkan daerah per daerah jadi tidak one size fit for all,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan kunjungannya ke beberapa kementerian merupakan langkah untuk membahas dan menyelaraskan visi baru penerapan normal baru terutama mengenai protokol kesehatan.

BACA JUGA  JK, Airlangga, hingga Gatot Makan Siang Bersama, Bahas Asian Games

“Hari ini kita ke Kementerian Perekonomian dan sudah dipaparkan dengan baik mengenai jangka panjang dan jangka pendek New Normal di berbagai sektor,” katanya.

Menurut Dasco, data yang telah disiapkan dan dipaparkan telah akurat dan detail sehingga Normal Baru dapat dilaksanakan dengan baik dalam waktu dekat.

Sumber : iNews.id

Loading...

Baca juga

DPR Ingatkan Pemerintah untuk Terus Perbaiki data calon penerima bansos

Berita Golkar, Jakarta –  Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily kembali menegaskan kepada …