Menko Airlangga Apresiasi Kinerja TPIP Kendalikan Inflasi pada 2019

putri Kamis, 13 Februari 2020 | 16:23
Sinergi kebijakan Pemerintah & BI dpt menjaga inflasi IHK 2019 tetap terkendali di level 2,72% (yoy) & berada di kisaran sasaran 3,5±1%

Berita Golkar, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi sinergi antara pemerintah pusat, Bank Indonesia, dan pemerintah daerah melalui Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) sehingga dapat menjaga kestabilan tingkat inflasi sepanjang tahun lalu.

Dalam high level meeting TPIP hari ini, Kamis (13/2), Airlangga mengatakan, sinergi kebijakan yang telah ditempuh pemerintah dan BI tahun lalu terbukti dapat menjaga inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) 2019 tetap rendah terkendali pada level 2,72% (yoy) dan berada dalam kisaran sasaran 3,5% ± 1%.

BACA JUGA  Bamsoet Desak BPPT Segera Pengadaan Alat Deteksi Tsunami

“Pencapaian ini merupakan yang terendah selama dua dekade terakhir, dan sekaligus melanjutkan tren terjaganya realisasi inflasi pada kisaran sasaran selama lima tahun terakhir,” ujarnya.

Keberhasilan menjaga inflasi tersebut, lanjut Airlangga, disumbang oleh penurunan inflasi inti 3,02% yoy dan minimnya inflasi administered prices 0,51% yoy. Sementara inflasi volatite food meningkat 4,30% yoy, namun masih terjaga di bawah 5% sesuai kesepakatan TPIP 2019.

BACA JUGA  Lamhot Yakin Sumatera Utara Solid Dukung Airlangga Hartanto

Menurutnya, inflasi yang terus menurun dan terkendali dalam sasaran dipengaruhi oleh semakin terjangkarnya ekspektasi inflasi dan terjaganya kestabilan nilai tukar, yang merupakan hasil penguatan koordinasi kebijakan antara pemerintah dan BI, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Sumber : Kontan.co.id

Loading...

Baca juga

DPR RI Komisi II Setujui Penundaan Tahapan Pilkada 2020

Berita Golkar, Jakarta – Melihat perkembangan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum terkendali dan demi …