JK Ingatkan Pemerintah untk Antisipasi dampak Lockdown akibat Covid-19

putri Kamis, 12 Maret 2020 | 17:05
JK mengingatkan pemerintah untuk bisa mengantisipasi dampak lockdown akibat virus corona.

Berita Golkar, Jakarta – Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) berbicara soal kondisi Indonesia jika memberlakukan kebijakan lockdown (isolasi) akibat virus corona. Menurutnya, kebijakan itu bisa dilakukan jika pemerintah pusat mengeluarkan instruksi.

Namun, JK mengingatkan pemerintah untuk bisa mengantisipasi dampak lockdown akibat virus corona. Sebab, menurutnya, kebijakan tersebut akan berdampak pada kondisi ekonomi dan berbagai sektor lainnya.
“Kalau diinstruksikan (lockdown) pasti bisa. Tapi memang harus siap ekonominya, siap macam-macam,” tutur JK saat ditanya soal kemungkinan lockdown di Indonesia, di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (12/3).
Ketua Umum PMI itu mencontohkan lockdown yang lebih dahulu dilakukan pemerintah China di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, sebagai pusat awal penyebaran virus corona.
Menurut Jusuf Kalla, akibat kebijakan itu, China berhasil menurunkan angka penyebaran virus corona. Namun, perekonomian China menjadi terpuruk.
“Salah satunya itu. China berhasil memperlambat dan mencegah 100 persen karena lockdown itu. Negara yang sangat disiplin yang bisa melakukan itu,” ungkapnya.
Sebagaimana diketahui, Denmark menjadi negara Eropa kedua setelah Italia yang wilayahnya di-lockdown untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang main parah di Eropa. Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, secara resmi mengumumkan akan menutup sejumlah fasilitas publik seperti taman kanak-kanak, sekolah, dan universitas selama dua pekan.
Tidak hanya itu, masyarakat diperkenankan bekerja dari rumah dan tetap mendapatkan bayaran. Denmark juga melarang pertemuan yang melibatkan setidaknya 100 peserta.
BACA JUGA  Dorongan Terhadap Airlangga Hartarto Sebagai Capres 2024 Di Nilai Sebagai Langkah Positif
Loading...

Baca juga

Golkar Ajak Masyarakat Bersikap Optimis Hadapai Pandemi Covid-19 Kedepan

Berita Golkar, Jakarta –   Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi situasi sulit akan dihadapi rakyat Indonesia hingga tahun …