Dalam Menghadapi Covid-19 Pemerintah Pusat dan Daerah Diminta Saling Kompak

putri Senin, 27 Juli 2020 | 13:47

Berita Golkar, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah daerah untuk selalu kompak dengan pemerintah pusat dalam menangani pandemi COVID-19, termasuk dampak terhadap ekonomi.

Hal itu disampaikan dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI), tentang pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Saat memberikan sambutan, di hadapan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur DKI Jakarta Anies Basewdan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Luhut mengatakan sumber kekuatan penanganan COVID-19 adalah sinergi seperti yang terjadi di Jerman.

“Saya membaca sedikit ada analisis bahwa negara Jerman yang paling cepat menangani COVID-19 ini dengan alasan bahwa mereka melakukan sinergi dengan sangat padu,” kata Luhut, Senin, 27 Juli 2020.

Kemampuan penanganan COVID-19 dengan baik akibat sinergi yang padu tersebut, juga telah dibuktikan oleh negara lain seperti Taiwan maupun Rusia. Mereka dikenal sukses dengan baik memulihkan ekonominya dari dampak COVID-19.

BACA JUGA  Butuh Smart People Untuk Wujudkan Konsep Smart City di Ibu Kota Baru

“Jadi akibat terpadu demikian maka Jerman, Taiwan, Rusia dikategorikan negara yang begitu cepat recover dari keadaan ini. Oleh karena itu kita harap semuanya agar kita kompak, padu, terintegrasi menyelesaikan masalah ini,” ujar Luhut.

Selain harus kompak, Luhut meminta supaya pemerintah daerah dan pemerintah pusat juga tidak saling menyalahkan saat menangani dampak pandemi COVID-19.

“Tidak boleh ada salah menyalahkan. Kalau ada kekurangan dari satu tempat dari teman kita saling memperbaiki, tidak dalam satu suasana untuk paling baik dalam konteks ini. Oleh karena itu kita tiru Jerman ini,” ujarnya.

BACA JUGA  Airlangga Minta Caleg Golkar Punya Strategi Raup Suara Sebanyak-banyaknya

Sumber : viva.co.id

Loading...

Baca juga

Demokrasi Lingkungan Harus Didasari dengan Kepentingan Rakyat

Berita Golkar. Jakarta – Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Dyah Roro Esti mengatakan Demokrasi …