Pemerintah Harus Tegas Larang Warga Pulang Kampung

putri Jumat, 27 Maret 2020 | 20:17

Berita Golkar, Jakarta –  Angka pasien positif COVID-19 di Indonesia terus melonjak. Di tengah wabah virus corona yang makin meluas, banyak masyarakat yang tinggal di DKI Jakarta memilih pulang kampung.

Hal ini dikhawatirkan memperluas penyebaran virus corona di sejumlah daerah lain di Indonesia. Mengingat, DKI Jakarta kini menjadi episenter penyebaran virus corona.

Wakil Ketua Komisi V DPR Ridwan Bae mendukung kebijakan pemerintah yang meminta masyarakat tak pulang kampung di tengah wabah corona. Namun, Ridwan mendesak pemerintah membuat aturan tegas, jangan hanya imbauan.
“Memang harus secara tegas kalau memang mau konsisten di situ ya dua hal: masyarakatnya diimbau tidak melakukan mudik karena jangan sampai dia ditulari atau menulari,” ujar Ridwan
“Kemudian pemilik angkutan juga ditahan. Dalam artian dilarang untuk mengambil penumpang. Nah, salah satu jalan keluarnya, ada kompensasi dia,” lanjut politikus Golkar itu.
Lebih lanjut, Ridwan mengimbau agar masyarakat di tengah wabah corona ini agar menahan diri untuk tidak mudik ke kampung halaman.
Tak hanya itu, Ridwan juga meminta masyarakat tidak mudik Lebaran pada tahun ini. Sebab, ada kemungkinan wabah corona belum berhenti saat Lebaran.
“Kebijakan untuk tidak lagi melakukan mudik lebaran bareng yang difasilitasi pemerintah maupun mudik dengan kesendirian, keluarga, itu ditahan dulu untuk tahun ini. Itu perlu diapresiasi dan diberi dukungan oleh semua pihak,” kata Ridwan.
Lebih lanjut, Ridwan mendesak pemerintah segera berkomunikasi dengan penyedia jasa transportasi, dan segera mencarikan solusi untuk mereka. Sebab, minimnya warga yang mudik tentu akan berdampak pada penghasilan penyedia transportasi termasuk mereka yang bekerja menjadi sopir hingga kernet.
Belum lagi, masih ada penyedia jasa transportasi yang masih mencicil kendaraannya.
“Ada juga orang yang hidup hanya dengan satu satunya dari situ. Ada orang yang hidup hanya dari sopir angkutan itu. Jadi, kalau angkutan tidak jalan, tenaga kerja tidak jalan, tidak makan kan. Saya kira pemerintah perlu memikirkan itu, jalan keluarnya seperti apa,” ujarnya.
Sumber : Kumparan.com
BACA JUGA  Melalui Program INDI 4.0 Kemenperin Dorong Perusahaan Bertransformasi ke Industri 4.0
Loading...

Baca juga

DPR Ingatkan Pemerintah untuk Terus Perbaiki data calon penerima bansos

Berita Golkar, Jakarta –  Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily kembali menegaskan kepada …