Belanja Program PEN Meningkat, Dito Harap Mampu Pulihkan Ekonomi Domestik

putri Kamis, 12 November 2020 | 13:14

Berita Golkar, Jakarta – Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto menjelaskan, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sedang digulirkan pemerintah ternyata mengalami kebutuhan belanja yang terus meningkat.

Diantaranya adalah pemberian stimulus perekonomian, insentif pajak, dan bantuan sosial.

“Belanja meningkat tajam pada program PEN yang realisasinya mencapai Rp344,11 triliun atau 49,6 persen,” ungkap Dito, Kamis (12/10/2020).

BACA JUGA  Sekjen Golkar Lodewijk Berpendapat Bahwa GBHN Tak Perlu Dihidupkan

Selain itu, transfer ke daerah dan dana desa juga dipercepat. Diharapkan, semua ini mampu memulihkan perekonomian domestik dengan ditandai salah satunya konsumsi rumah tangga yang meningkat.

Dito menyampaikan, realisasi belanja pemerintah saat ini mengalami akselerasi pada triwulan III tahun 2020.

Dengan pertumbuhan 15,5 persen, realisasi belanjanya mencapai Rp1.841,1 triliun atau 67,2 persen dari anggaran. ÀPBN sendiri hingga akhir triwulan III 2020 mencapai Rp682,1 triliun atau 4,16 persen terhadap PDB.

BACA JUGA  Ketum Golkar Airlangga Hartarto Optimistis Tim Koalisi Pendukung Presiden Masih Tetap Solid

“Realisasi pendapatan negara sebesar Rp1.159 triliun atau 68,2 persen dari target Perpes Nomor 72 Tahun 2020 atau tumbuh negatif 13,7 persen (yoy),” tambah politisi Partai Golkar ini.

Sementara itu, lanjut Dito, dari sisi moneter, BI terus melanjutkan kebijakan moneter dan macro prudencial dan juga memperkuat bauran kebijakan. Inflasi pun berada pada level yang rendah sebesar 1,42 persen pada September 2020.

BACA JUGA  Menko Airlangga Yakin Pembangunan Menara Syariah Dapat Serap 5000-20.000 Tenaga Kerja

Mengomentari nilai tukar rupiah, Dito melihat relatif terkendali, karena didukung langkah-langkah stabilisasi BI.

Sumber : dpr.go.id

Loading...

Baca juga

Maman Abdurahman Dorong Realisasi Pembangunan Pipa Gas Trans Kalimantan

Berita Golkar, Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI, Maman Abdurahman terus mendorong agar direalisasikannya pembangunan pipa gas …